MIRZAQ HUSSEIN ANWAR

Berpacu menjadi yang terbaik

5 Menit dengan Sistem Operasi

21 May 2012 - dalam Resume Kuliah Oleh mirzaq-fst10

Sistem Operasi dapat didefinisikan sebagai seperangkat program yang mengelola sumber daya hardware dari sebuah komputer, atau program awal untuk mengatur kerja komputer seperti mengatur memory, mengatur processor, membaca data yang diketik dan menyimpan file.

Sistem Operasi juga program yang pertama kali ditempatkan pertama kali pada memori komputer, sedangkan software - software (perangkat lunak) dijalankan setelah sistem operasi berjalan. Sistem Operasi akan melakukan tugas inti untuk software, tugas inti tersebut seperti akses ke disk, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user. sehingga software tidak perlu lagi melakukan tugas - tugas tersebut, karena sudah dilakukan oleh Sistem Operasi.

Selain hal itu, Sistem Operasi juga dapat dikatakan sebagai penghubung antara hardware dan software. Sistem Operasi melakukan semua tugas penting pada komputer, dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar.

Peran Sistem Operasi

Ada beberapa sistem operasi yang biasa kita jumpai di pasaran diantranya Windows, Linux, Mac Dan masih banyak lagi yang lainya.Dari sekian banyak sistem operasi Yang beredar,sistem operasi milik perusahaan microsoft lah yang paling populer untuk para pengguna pc notebook,bahkan ponsel dan PDA sekalipun Dengan sistem operasi berbasis mobilenya .

windows mac linux

Dari beberapa Sistem Operasi tersebut,Sistem operasi yang dapat digunakan secara bebas alias open source Adalah linux. sistem operasi ini biasa digunakan untuk tujuan pendidikan, lain halnya dengan para vendor ponsel dan PDA ,Para vendor ini lebih memasarkan produknya untuk menggunakan sistem operasi mobile milik perusahaan microsoft yaitu windows.

linux not windows

 

Referensi :

http://www.teach-ict.com

http://blog.eukhost.com/webhosting/how-is-linux-on-windows-hosting/

http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_operasi

http://klinik-it.blogspot.com/2010/01/pengertian-sistem-operasi.html



Read More | Respon : 4 komentar

4 Komentar

Dennykoe

pada : 13 June 2012


"Asslm...numpang tanya, kalo sistem operasi yang digunakan secara bebas itu bisa diartikan gratis? kalo gratis kenapa ada istilah yang legal dan ilegal?makasih"


Admin

pada : 14 June 2012


"waalaikumsalam, bebas disini bisa diartikan sebagai open source seperti halnya android, ataupun linux.
namun apakah legal dan ilegal?? selama tidak melanggar hak cipta produk, me-rooting bukan suatu hal yang ilegal, karena memang device tersebut berbasis open source"


Detia

pada : 14 June 2012


"Assalamualaikum.. Di artikel ini dikatakan kalau sistem operasi milik Microsoft lah yang paling populer diantara yang lainnya, saya yakin kalau orang awam juga tahu itu. Bisa dijelaskan mengapa? mungkin bisa dijelaskan dari sisi teknologi nya atau strategi pemasarannya.

Terima kasih
Detia"


Admin

pada : 30 June 2012


"@detia
Microsoft berkembang pada awal tahun 80an, saat itu microsoft jadi OS paling populer karena ada office suite (word,excel,dll), dan juga bagian dari pemasaran microsoft waktu itu memotivasi para pengembang untuk membuat software khusus windows, bukan OS lain). CMIIW
sumber : http://wiki.answers.com/Q/Why_has_the_Windows_operating_system_been_the_most_popular"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :