MIRZAQ HUSSEIN ANWAR

Berpacu menjadi yang terbaik

komputer server serta safe mode

27 May 2012 - dalam Resume Kuliah Oleh mirzaq-fst10

dalam permainan game online kita sering mengenal istilah server, namun server tidak hanya identik dengan game online akan tetapi juga tentang jaringan komputer. jika diterjemahkan maka banyak sekali definisi dari server, namun jika berbicara tentang internet maka arti kata yang paling tepat adalah "melayani". Server adalah sebuah komputer (atau sebuah sistem komputer) yang tugasnya melayani komputer-komputer lainnya. Tentu saja, komputer-komputer yang dilayani adalah komputer-komputer yang terhubung dengan server tersebut. 


Komputer server biasanya memiliki RAM yang besar dan dalam operasionalnya menggunakan sistem operasi khusus, yang disebut sistem operasi jaringan atau network operating system. Server juga menjalankan software administratif yang berguna untuk mengontrol akses ke jaringan, dan mengelola perangkat (sumber daya) yang terdapat di dalamnya, misalnya printer, serta memberikan akses kepada workstation yang menjadi anggota jaringan.  

apakah komputer personal biasa bisa dijadikan komputer server?bisa saja, tergantung dari banyaknya komputer yang akan dilayani, karena server harus memfasilitasi dan melayani proses sharing semua resource yang ada.

komputer server

tugas : apa perbedaan safemode dan normal mode serta bagaimana cara masuk safemode?

pada saat normal mode semua aplikasi yang telah diinstall telah siap untuk dijalankan salah satunya startup, yaitu program yang otomatis menyala ketika kita masuk dalam dalam windows, biasanya antivirus dalam hal ini, atau program lainnya. Namun pada safe mode aplikasi seperti halnya ditidurkan, sehingga sistem operasi bekerja pada kondisi yang minimal karena tidak perlu menghidupkan aplikasi - aplikasi pada saat mulai.

banyak manfaat yang diperoleh pada saat safe mode, diantaranya :
1. menscan virusmemang pada normal juga bisa menscan virus, tapi akan lebih ampuh bila kita scan pada safe mode..karena pada safe mode semua aplikasi ditidurkan, jadi pada saat virus kita hapus, maka virus tidak bisa menggandakan diri lagi
2. Remove program bila kalian merasa kesulitan saat ingin meremove sebuah aplikasi pada normal mode, bahkan tidak bisa. Kita bisa melakukannya pada safe mode.
3. System restore memang pada normal mode juga ada system restore, tapi jika komputer anda mengalami gagal booting anda dapat melalukannya melalui safe mode.

cara untuk masuk pada safe mode dapat melalui langkah berikut  :
run (windows+"R") >>msconfig
kemudian pilih tab boot
checklist /safeboot >> OK

safe mode

sekian.

referensi :
http://gpinkom.wordpress.com/2008/08/14/pengertian-umum-istilah-server-dan-workstation/
http://prabelism.blogspot.com/2009/09/arti-dari-client-server.html
http://wiki.answers.com/Q/Difference_between_safe_mode_and_normal_mode_of_computer
http://chapila.com/komputer/pengertian-komputer-server.html
http://kangmoes.com



Read More | Respon : 2 komentar

2 Komentar

Pitaloka

pada : 12 June 2012


" apa bedannya system restore normal mode dan system restore safe mode ya?"


Admin

pada : 14 June 2012


"@Pitaloka

perbedaan mendasarnya adalah, pada kondisi normal sytem restore bekerja bersamaan dengan sebuah virus (jika terdapat virus), namun jika pada keadaan safe mode, sebuah komputer dijalankan dalam fitur yang sangat minim, atau bisa dibilang hanya system saja yang dijalankan"


Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :