MIRZAQ HUSSEIN ANWAR

Berpacu menjadi yang terbaik

Peranan Manusia dan Mesin

17 March 2014 - dalam Sistem Cerdas Oleh mirzaq-fst10

Pada pembahasan sebelumnya telah dijelaskan tentang perbedaan antara fix-problem yaitu tempat dimana sedikit perubahan tidak menimbulkan perbedaan kesimpulan atau disebut faktor yang dapat diprediksi dan kemudian sensitive area yaitu tempat dimana sedikit perubahan faktor menghasilkan perbedaan kesimpulan, sehingga dapat dikatakan faktor yang tidak terprediksi.

 

Untuk area yang dapat diprediksi, peran manusia sudah dapat dapat dihilangkan, karena faktor-faktor dari sebuah kesimpulan yang ada telah diprediksi dengan seksama. Namun berbeda jika kita memasuki area sensitive case, permasalahan pada area sensitif, dalam hal ini mesin  yang telah dirancang sedemikian rupa, masih membutuhkan peranan manusia untuk membantu kinerja sebuah mesin agar tidak terjadi penempatan kesimpulan yang tidak sesuai. Lalu kapankah peran manusia pada sensitive area ini dapat dihilangkan ?, kembali lagi pada definisi sensitive area, dimana perbedaan yanng sangat kecil baik itu hanya 0,01 dapat menimbulkan hasil yang berbeda, maka peran manusia dapat dihilangkan jika mesin dapat dilatih untuk mempunyai sebuah pengalaman tersendiri. Sehingga yang terjadi adalah mesin diberikan sebuah kecerdasan buatan dengan memberikan motode-metode ataupun analisis statistik untuk mencapai sebuah kesimpulan yang disebut dengan sistem cerdas

 

Menurut sepengetahuan saya hingga kini batas pencapaian kemampuan manusia yang sanggup ditangani oleh mesin adalah bentuk kegiatan fisik dan komunikasi, contoh kegiatan fisik dapat dilihat melalui berbagai kontes tentang robot, seperti sepak bola, menari dsb. Sedangkan kegiatan komunikasi contoh halnya dapat dilihat pada telepon seluler yang kini beredar, terdapat media komunikasi antara pengguna telepon dengan sebuah program sehingga dapat menggantikan sebagian dari peran manusia.

 

Dalam video dibawah dapat dilihat bahwa robot tersebut seolah-olah nampak seperti manusia, mereka sudah tidak perlu dikendalikan dengan remote control, mereka seolah telah hidup dalam dunia manusia sendiri. Itulah mengapa perlahan tapi pasti kemungkinan besar peran-peran dari manusia yang bersifat monoton akan tergantikan oleh kerja dari robot-robot dimasa yang akan datang.

 

Peranan manusia yang belum dapat ditangani mesin yaitu pemberian kesimpulan yang tepat pada saat terjadi keadaan baru dimana hal tersebut belum pernah dilatihkan kepada mesin, semoga nantinya teknologi berkembang semakin lama semakin kompleks.

 

Sekian



Read More | Respon : 0 komentar

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :